Jumat, 17 Agustus 2007

Proses Belajar Mengenal Hakekat

Saya ingat ketika umur 8 tahun, saya berkomentar di depan orangtua " kelas satu saya telah juara pertama ..dan saat ini saya di kelas dua, saya akan jadi juara ke dua, dan di kelas tiga saya akan juara ke-tiga...dan seterusnya.." maksud saya berkata demikian adalah karena tidak mengerti sesungguhnya apa yang dimaksud dengan juara? apa sih hakikat juara ? apa artinya juara?....begitulah selanjutnya saya sampai lulus SD telah disibukkan dengan merebut Juara Kelas.....dan akhirnya saya bosan karena tidak mendapatkan kepuasan dengan jadi juara kelas terus...Mengapa saya belajar dan disupport orangtua untuk jadi juara kelas, jadi yang paling benar, jadi yang paling pintar?? Maka pikir saya waktu itu ...pasti ada yang tidak beres dengan diri saya dan lingkungan sekitar saya...Jawaban pertanyaan ini baru terjawab waktu saya di SLTA...
Selain di cekoki untuk jadi juara saya juga disuruh belajar Alquran mulai kelas 4 SD...(sementara teman2 sekolah hampir semua sudah belajar alquran dari kelas satu)
Waktu pertama kali belajar Alquran tsb saya berkomentar "Bisa membaca Alquran ini sebenarnya buat untuk apa ya? hanya untuk bisa bacaan waktu sholat atau baca doa waktu pengajian atau bisa jawab soal ujian agama? ...Saya penasaran dan mulai pertama kali buka Alquran terjemaahan terbitan Departemen Agama punya ayah saya....Mulai dari surat Alfatihah....gampang dimengerti maksudnya..berlanjut ke surat berikutnya..lhoo kok banyak penyampaian yang diulang-ulang...trus..banyak nama surat yang aneh-aneh (unta betina, semut, besi, kerajaan, ibrahim, golongan, taubat)....akhirnya bukan jawaban yang saya dapat tapi malah dapat banyak pertanyaan......tanpa bisa mencari jawabannya sendiri..maunanya ke orang dewasa saya sangsi apa mereka bisa jawab???..
Jawabannya ternyata bisa dijawab sendiri...tapi setelah saya dewasa dan pertanyaan malah makin nambah saja....

Masa-masa di SLTP adalah bukti saya telah lupa dengan mencari hakikat diri.....dan saya menyimpulkan di masa lupa diri kita akan menemukan saat yang tepat untuk kembali belajar benar, yakni belajar mencari hakikat diri....sampai sekarang terus mencari hakikat...

Tidak ada komentar: